Kamis, 05 Februari 2009

KOTA BERSAHABAT, SUKOHARJO

Sukoharjo,24-25 Jan 2008



Kali ini, Saya kembali diberikan kesempatan kembali untuk jalan-jalan mengelilingi negeri kaya dan indah ini, Indonesia. Saya berkesempatan mengunjungi Kabupaten yang memiliki slogan SUKOHARJO MAKMUR, ya Kabupaten Sukoharjo. Kabupaten Sukoharjo adalah salah satu Kabupaten tingkat II yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Disebelah timur, kabupaten ini berbatasan dengan Kab. Karanganyar dan disebelah baratn berbatasan dengan Kota Surakarta. Kabupaten Sukoharjo memiliki luas area sebesar 444, 666 km 2 dan berada pada ketinggian 80-125 m diatas permukaan laut (DPL). Kabupaten ini sering terserang bencana banjir, terlebih di musim hujan seperti sekarang.

Saya datang ke Sukoharjo dalam rangka Silaturahmi ke tempat salah satu teman kami yang tinggal di Kabupaten ini. Tepatnya di desa Tambak Boyo, Kecamatan Tawang Sari. Desa ini cukup indah dan asri. Mayoritas penduduk desa ini memiliki pekerjaan sebagai petani. Sebelum memasuki gerbang desa, anda akan menyaksikan hamparan kebun Singkong (telo = Jawa, Jawau = Dayak, Kunjui = Banjar).





Begitu sampai ke kediaman teman kami, kami disambut hangat oleh keluarga besarnya. Meski Ku tak sempat menginap dikediamannya, tapi ku dapat merasakan kedamaian jika menghuni rumah tersebut. Begitu damai, mungkin akan nyenyak jika tidur di rumah yang masih bercirikan rumah adat jawa, Joglo.Petang hari aku harus undur diri, karena harus ada yang ku kerjakan selanjutnya. Dan keesokan harinya aku usahakan hadir kembali.

Sekitar jam 9 pagi, aku bergegas kembali ke Sukoharjo ketempat kediaman teman ku. Begiru sampai, teman-teman ku telah berkumpul dan ternyata aku telah banyak ketinggalan. Ketika aku diberikan giliran bicara, Ku keluarkan semua apa adanya. Mungkin, dulu ketika aku masih bersama mereka dalam enunaikan amanah aku tidak maksimal dan out ditengah-tengah. Tapi itu yang mungkin harus aku lakukan, dengan banyak pertimbangan dan masukan dari pembimbing ku. Kelak bertekad, semoga aku dapat menebus ketidak amanahan aku ini.

Siang hari, kami berpamitan kepada keluarga teman kami. Kami pamit, karena akan menunjungi kediaman tean kami yang lain. Masih dikabupaten Sukoharjo, tapi di Kecamatan lain tepatnya di Begajah. Begitu indah, saat kami pulang hampir sama seperti kami datang kehangatan dan rasa kekeluargaan mengalir begitu indah ditengah-tengah kami. Giliran pertama kami ucapkan permohonan pamit kami untuk pergi serta meminta maaf jika selama disana kami ada melakukan kesalahan-kesalahan. Permohonan kami di izinkan, dan disambut dengan baik. Kemudian giliran Ibu teman kami yang menyampaikan izin dan nasihatnya ke kami. Nasehat ini, selalu akan ku ingat dan semoga aku dapat mengamalkannya. Salah satu nasihai beliau adalah "Bertakwalah kamu dimana pun kamu berada, berbuat baiklah kamu agar perbuatan baikmu dapat menutupi perbuatan burukmu dimasa lalu dan pergaulilah sesama manusia dengan akhlak yang baik", terima ksih Ibu nasihat mu akan kami ingat.

Tiba saatnya kami pergi, kami langsung menuju kediaman salah satu tman kami yang lain. Tak kalah, disini, kami juga disambut dengan hangat oleh keluarga teman kami.



Ditempatnya kami hanya beberapa jam, dan bergegas kembali ke kota Gudeg kota tempat kami sama-sama menimba ilmu.

Sebelum meninggalkan Kota sukoharjo, kami sempatkan mengunjungi salah satu obyek wisata didaerah ini tepatnya obyek wisata Karamba Waduk Mulur yang berlokasi di Desa Jombor Kecamatan Bendosari. Di sini kami sempatkan bersantai sejenak menunggu hujan yang sedang lebat-lebatnya reda dan sedikit berpose di depan waduk ini.










Inilah catatan perjalanan ku di salah satu kabupaten di negeri ini, semoga aku dapat menceritakan perjalanan ku di kabupaten atau kota-kota lain di negeri tercinta ini.

Salam hangat buat teman-teman ku yang telah memberi ku semangat dan mewarnai lukisan perjalanan hidup ku.


Salam dashyat.

6 komentar:

  1. Liat patung jamu jadi ingin muleh.

    wah2, sip2, ....
    dari infomu gawe aku kangen dan tresno karo sukoharjo.
    Suwun wis mengexplore sukoharjo.

    BalasHapus
  2. sukoharjo memang makmur kok..
    bukan saja kota yang makmur
    emmm orange jg makmur2 lho ...
    jika anda memasuki daerah siring 03/06 sugihan bendosari sukoharjo waktu tanam padi sudah selesai. anda akan melihat hijau dan hijau yang ada..
    daerah yang luas dan hijau..banyangkan sejauh mata memandang yang ada hijau daun padi yg baru ditanam
    begitu indah nya desaku.

    BalasHapus
  3. Wah. saya terkesan dengan tulisan anda.
    saya warga Sukoharjo.

    BalasHapus
  4. terima kasih atas tulisannya tentang kota sukoharjo, mengingatkan saya ke kampung halaman....btw kapan ya bisa pulang ke sukoharjo...:(

    BalasHapus
  5. sukoharjo dekat klaten ya? sayang saya blm prnh kesana

    BalasHapus
  6. saya bener kagum tetang indahnya kota sukoharjo.......

    BalasHapus

Sahabat tinggalkan comment yah buat saya, terima kasih.